Tentang Cengkunek

18 Jan 2009

Banyak orang Indonesia yg gak ngerti sebenarnya arti “cengkunek” tu apa.
“Cengkunek/cingkunek”, menurut yg kutau, terdapat dalam bahasa Aceh, Batak, Melayu & Minang. Entah la kalo bahasa daerah lain.

Di Aceh & Minang nyebutnya “cingkunek”, di Medan nyebut “cengkunek”. Walau aku bukan anak Medan, aku lebih suka pake “cengkunek” karna orang lebih umum dengan istilah yg ini, google result untuk “cengkunek” pun lebih banyak daripada untuk “cingkunek”.
Oia, ada lagi sebutan lainnya: “cengkonek”, tapi gak seberapa orang yg nyebut gitu.

Trus, artinya apa? Bingung ya?

Cengkunek adalah noun (kata benda) yg bisa ditujukan ke apa aja. Bisa untuk benda konkret & abstrak. Bisa juga untuk orang.

Contoh untuk benda konkret:
Komputer si A rusak, trus dia buka CPU-nya mau coba perbaiki. Tapi dia malah bingung karna baru sekali tu dia bongkar kompi. Dia pun bilang,
“Omak, banyak kali cengkunek di dalam ni”
Contoh untuk benda abstrak:
Si B suka cari2 alasan kalo berbuat salah. Si C bilang ke dia, “Ah, gak abis2 kok cengkunekmu?”

Kalo ditujukan ke orang, cengkunek bisa diartikan sebagai:

1. Mr X/John Doe (si polan/fulan)
Contoh: Si D takut sama orang tak dikenal yg dari tadi duduk dekat rumahnya. Si E menenangkan dia, “Gak perlu la kau takut sama cengkunek tu”

2. persona non grata (orang yg dibenci)
Si F mau ngajak si G ke rumah si H, Si H marah sama si F, “Ngapain kau ajak cengkunek tu”

3. orang gak penting
Si I heran kenapa si J gak ngajak si K, si J jawab, “Ah, dia kan cengkunek”

Contoh asik lainnya:
Ada yg liat UFO, trus teriak “ADA CENGKUNEK TERBANG!!”
Lirik lagu d’Masiv: Lupakan aku, kembali padanya, aku cuma cengkunek untukmu..
Lirik lagu anak2: Cengkunekku ada lima, rupa2 warnanya, hijau kuning kelabu..
dll, silakan berkreasi dengan cengkunek Anda sendiri

Intinya, cengkunek tu adalah tiap2 sesuatu yg “entah apa-apa”
Nah, udah mulai ngerti kan?


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post