Kepribadian nan empat

3 Feb 2009

Menurut Florence Littauer dalam buku Personality Plus, ada 4 watak/temperamen/kepribadian dasar manusia:
Sanguinis, Koleris, Melankolis, & Plegmatis

Semua watak itu ada pada tiap orang, cuma persentasenya beda2. Ada juga orang yg cuma punya 1 watak dominan, ada juga yg semuanya hampir seimbang.
Mana watak paling bagus? Bagus semua kok, tergantung individunya, malah bisa juga jelek semua, tergantung individu juga.

Secara umum, menurutku, kira2 gambaran singkatnya gini:
- sanguinis: suka bicara, melucu, menghibur, cita2nya ingin populer.
- koleris: suka menasihati & mengatur, cita2nya ingin kuat, ingin jadi pemimpin.
- melankolis: suka berpikir & menganalisa, cita2nya ingin sempurna.
- plegmatis: suka tenang, ramah, santai, cita2nya ingin damai.

Masih terlalu ngambang ya? Ya udah, baca aja ni lebih lengkap..

————-
Sanguinis (Sanguine)

Emosi
Suka berbicara, pandai menghidupkan pesta, rasa humor hebat, ingatan kuat untuk warna, pandai memukau pendengar, demonstratif, antusias dan ekspresif, periang dan penuh semangat, penuh rasa ingin tahu, tampil baik di panggung, lugu dan polos, “hidup” di masa sekarang, mudah diubah, tulus, selalu kekanak-kanakan.

Di Pekerjaan
Sukarela, suka memikirkan kegiatan baru, tampak hebat dalam bekerja, kreatif dan inovatif, energi dan antusiasme tinggi, memulai
sesuatu secara cemerlang, mengilhami orang lain untuk ikut & untuk bekerja.

Sebagai Teman
Mudah berteman, menyayangi orang banyak, suka dipuji, menyenangkan, dicemburui banyak orang, bukan pendendam, cepat minta maaf, pandai menghilangkan kebosanan, suka kegiatan spontan.

Sebagai Ayah/Ibu
Membuat rumah menyenangkan, disukai teman anak-anak, bisa membawa keceriaan dalam duka, produsen humor, ibarat pemimpin sirkus.

————-
Koleris (Choleric)

Emosi
Berbakat pemimpin, dinamis dan aktif, sangat memerlukan perubahan, berani mengungkap kesalahan orang, berkemauan kuat dan tegas, tidak emosional bertindak, tidak mudah patah semangat, bebas dan mandiri, memancarkan keyakinan, bisa mengatur banyak hal.

Di Pekerjaan
Berorientasi target, melihat seluruh gambaran, terorganisasi dengan baik, mencari pemecahan praktis, bergerak cepat untuk bertindak, mendelegasikan pekerjaan, menekankan pada hasil, membuat target, merangsang kegiatan, berkembang karena saingan.

Sebagai Teman
Tidak terlalu perlu teman, mau bekerja untuk kegiatan, mau memimpin dan mengorganisasi, selalu merasa benar, tampil dominan dalam keadaan darurat.

Sebagai Ayah/Ibu
Memberikan kepemimpinan kuat, menetapkan tujuan, memotivasi keluarga untuk kelompok, selalu punya jawaban, mengorganisasi rumah tangga.

————-
Melankolis (Melancholic)

Emosi
Mendalam dan penuh pikiran, analitis, serius dan tekun, cenderung jenius, berbakat dan kreatif, artistik atau musikal, filosofis dan
puitis, menghargai keindahan, perasa terhadap orang lain, suka berkorban, penuh kesadaran, idealis.

Di Pekerjaan
Berorientasi jadwal, perfeksionis, standar tinggi, sadar perincian, gigih dan cermat, tertib dan terorganisasi, teratur dan rapi, ekonomis, melihat masalah, mendapat pemecahan kreatif, perlu menyelesaikan apa yang dimulai, suka diagram, grafik, bagan, daftar.

Sebagai Teman
Hati-hati dalam berteman, puas tinggal di latar belakang, menghindari perhatian, setia dan berbakti, mau mendengarkan keluhan, bisa memecahkan masalah orang lain, sangat memperhatikan orang lain, terharu oleh air mata penuh belas kasihan, mencari teman hidup ideal.

Sebagai Ayah/Ibu
Menetapkan standar tinggi, ingin segalanya dilakukan dengan benar, menjaga rumah selalu rapi, merapikan barang anak-anak, mengorbankan keinginan sendiri untuk yang lain, mendorong intelegensi dan bakat.

————-
Plegmatis (Phlegmatic)

Emosi
Rendah hati, mudah bergaul dan santai, pendiam tapi ramah, tenang tapi mampu dalam banyak hal, sabar, baik keseimbangannya, hidup konsisten, lugu tetapi cerdas, simpatik dan baik hati, pandai menyembunyikan emosi, bahagia menerima kehidupan apa adanya, bisa melihat hikmah dalam segala situasi, serba guna.

Di Pekerjaan
Cakap dan mantap, damai dan mudah sepakat, punya kemampuan administratif, menjadi penengah masalah, menghindari konflik, tetap stabil di bawah tekanan, menemukan cara yang mudah.

Sebagai Teman
Mudah diajak bergaul, menyenangkan, tidak suka menyinggung, pendengar yang baik, selera humor yang menggigit, suka memperhatikan orang, punya banyak teman, mudah akrab dengan siapa saja, punya belas kasihan dan perhatian.

Sebagai Ayah/Ibu
Menjadi orang tua yang baik, menyediakan waktu bagi anak-anak, tidak tergesa-gesa, bisa mengambil yang baik dari yang buruk, tidak suka marah.

————-
Naa.. udah jelas belom? Ya udah lah, masa’ ya udah dong. Kan belajar di sekolah, bukan di sekodong.. :P
Apakah temperamen dominan Anda? Samakah dengan diriku?
Kalo watakku kekmana..? Tebak aja.. kalo mau..
Kalo gak mau..? Ya gak usah tebak. Gitu aja kok repot..


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post