Kepribadian, profesi, & macet

7 Feb 2009

Bingung ya liat judulnya? Bagus lah.. :D
Kemaren2 kan kita udah bahas 4 temperamen pada manusia, sekarang kita bahas kira2 orang dengan karakter dominan tertentu cocoknya jadi apa.
Trus, kok ada macet di judulnya?
Nah, nanti kita juga bahas kira2 tiap karakter menghadapi macet dengan cara apa.

Sebenarnya ini udah pernah ditulis di blog-ku yg kedua, tapi 2 tulisan digabung & diedit besar2an, biar lebih asik dibaca.

Kita mulai dengan profesi ya.. eng ing eng..

Sanguinis

Orang yg cenderung sanguinis, kalo jiwanya baik, mungkin cocok jadi:
pelawak, aktor, mc, presenter, motivator, cheerleader, pedagang, moderator, jurnalis, dll.

Kalo jiwanya jahat, mungkin bisa jadi:
penipu, provokator, oportunis, dll.

Koleris

Orang yg cenderung koleris, kalo jiwanya baik, mungkin cocok jadi:
manajer, direktur, pelatih, polisi, tentara, presiden, atlet, organisator, satpam, menteri, gubernur, camat, dll.

Kalo jiwanya jahat, mungkin bisa jadi:
preman, diktator, perampok, anarkis, dll.

Melankolis

Orang yg cenderung melankolis, kalo jiwanya baik, mungkin cocok jadi:
ilmuwan, seniman, aktivis sosial, analis, musisi, sastrawan, filsuf, programmer, webmaster, detektif, mata-mata, dll.

Kalo jiwanya jahat, mungkin bisa jadi:
orang gila, psikopat, kritikus, dll.

Plegmatis

Orang yg cenderung plegmatis, kalo jiwanya baik, mungkin cocok jadi:
psikolog, konsultan, guru, dosen, dokter, farmasis, resepsionis, operator, dll.

Kalo jiwanya jahat, mungkin bisa jadi:
apatis, apalagi ya.. bingung..

Trus, kalo karakternya campuran 2 atau 3 atau 4 sekaligus, kekmana?
Analisa aja sendiri :P

Nah, sekarang kita liat kira2 kekmana masing2 karakter menyikapi kemacetan.. ini dia.. jreng..

Sanguinis
bercanda/bergosip/ngobrol sama teman/orang sebelah sambil sesekali mengomentari kemacetan, atau nelpon/sms teman

Koleris
ngobrol juga, tapi khusus marah2 menyalahkan berbagai pihak yg dianggap menyebabkan kemacetan, atau neriakin supir supaya cepat, atau neriakin kendaraan di depan

Melankolis
merenungi apa aja yg dialaminya sejak pagi sampe saat itu, jengkel karena dalam bus banyak asap rokok & kendaraan lain & ada bau keringat, jengkel kenapa macetnya lama, stres mikir masih banyak masalah yg belum beres

Plegmatis
kadang bersenandung/nyanyi/senyum sendiri sambil goyang2 kepala, kadang liat2 wajah2 orang sekitar, atau liat pemandangan luar bus, kadang menghayal yg asik2 & lucu2, atau teringat lagu/cerita/buku/film yg pernah didengar/dibaca/ditonton, dll

Gimana? cocok gak? kalo ada yg gak cocok, cocokin aja ya, wehehe..
Wajar lah kalo ada yg gak cocok, kan semua yg kutulis di atas cuma analisa pribadi berdasarkan pengalaman & pengamatan.
Kalo ada analisa tambahan, silakan :)


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post