PKS (personality kesukaan saya)

5 Mar 2009

Hayo, mikir apa? mentang2 mau pemilu?
Ini nih, aku mau bagi cerita2.. bagi2 cerita2.. bagi2 cerita.. ah, pokoknya gitu la..
Cerita apa? ya cerita tentang personality kesukaan saya la, kan itu judulnya, ngapain nanya lagi? … eh, gak nanya ya? he.. he.. malu..

Masih ingat kan kisah sejati tentang kepribadian anak manusia.. (halah, entah apa-apa..)
Kalo lupa, baca aja lagi.
Yg mana? itu tu, yg tentang sanguinis-koleris-melankolis-plegmatis, tau kan?
Di mana? qe cari la sendiri.. pokoknya masih di blog yg ini.
Udah, jangan tanya2 lagi.. eh, dari tadi gak ada nanya ya..? he..

Oke, inilah dia beberapa kutipan asik tentang karakter favoritku..
Oia, “jreng”-nya hampir lupa.. jreng..

Yuk, kita liat kebaikan2 si Plegmatis yg bikin orang lain jatuh hati
* Mudah bergaul, santai, tenang dan teguh
* Sabar, seimbang, dan pendengar yang baik
* Tidak banyak bicara, tetapi cenderung bijaksana
* Simpatik dan baik hati (sering menyembunyikan emosi)
* Kuat di bidang administrasi, dan cenderung ingin segalanya terorganisasi
* Penengah masalah yg baik
* Cenderung berusaha menemukan cara termudah
* Baik di bawah tekanan
* Menyenangkan dan tidak suka menyinggung perasaan
* Rasa humor yg tajam
* Senang melihat dan mengawasi
* Berbelaskasihan dan peduli
* Mudah diajak rukun dan damai

Trus, bandingkan dengan kejeleken2nya kalo lagi kumat, yg bikin orang2 tertentu mungkin ngamuk2:
* Kurang antusias, terutama terhadap perubahan/ kegiatan baru
* Takut dan khawatir
* Menghindari konflik dan tanggung jawab
* Keras kepala, sulit kompromi (karena merasa benar)
* Terlalu pemalu dan pendiam
* Humor kering dan mengejek (Sarkatis)
* Kurang berorientasi pada tujuan
* Sulit bergerak dan kurang memotivasi diri
* Lebih suka sebagai penonton daripada terlibat
* Tidak senang didesak-desak
* Menunda-nunda / menggantungkan masalah.

Trus, ini ada opini seseorang (namanya Humaira, lupa alamat blognya, ada yg tau gak?) tentang si Plegmatis:

Teman plegmatis mungkin akan diam saja, mengomentari kecemasan dan tuntutan standar tinggiku dengan damai dan bijaksana, lalu berpikir aneh tentang diriku, mengapa di dunia ini ada orang seperti aku. Aku jadi tertawa bila membayangkannya.

Dalam banyak hal terkadang aku merasa bahwa aku cukup kooperatif dengannya terutama dalam merencanakan sesuatu. Aku begitu bersemangat merencanakan dan dia akan tenang mendengarkan dan memberikan dorongan. Satu hal lagi tentangnya, dia sangat sensitif dan butuh motivasi.

Dalam beberapa hal kupikir dia bersifat plegmatis, cinta damai, jarang marah, suka dinasehati, dan tidak suka bertengkar.

Dia benar2 cinta damai, memandang dunia dengan caranya, romantis, dan bijaksana sekali.

Kalo yg ini dari orang yg namanya Hafidz, lupa juga alamat blognya, kalo ada yg tau kasitau ya.

Kelebihan (menurutku): Orang plegmatis cinta damai, menjauhi konflik, tidak revolusioner.
Kenapa kukatakan kelebihan ?
Damai memang dambaan setiap orang bukan? Konflik tidak disukai. Dan aku lebih menyukai perubahan bertahap,
sesuatu yang revolusioner pasti membutuhkan energi yang sangat besar.
Dan sebagai orang plegmatis tentunya hal itu bukan aku.

Kekurangannya (lagi-lagi menurutku): Orang plegmatis sering terjebak didalam comfort zone yang ia ciptakan sendiri,
mereka tidak gampang berubah atau dapat dikatakan cenderung takut perubahan.
Akibatnya orang-orang plegmatis sulit untuk menjadi ujung tombak, karena mereka cenderung memilih untuk berada ditengah. Orang plegmatis sulit untuk menjadi orang yang terlalu. Karena mereka sudah senang dengan yang biasa-biasa aja.
Mereka sukar menjadi orang yg sangat sukses, karena cukup sukses sudah membuat mereka bahagia.

Bagaimana meminimalkan kekurangan tersebut diatas?
Sepertinya orang Plegmatis butuh usikan, gaya dorong dari luar dirinya yang bisa membuat ia bergerak.
Sesuatu yang bisa disebut motivasi.
Motivator tidak melulu orang-orang disekitarnya, tapi juga bisa situasi, keadaan, dan trend lingkungan.
Dan mungkin orang Plegmatis memerlukan usikan yang terus menerus supaya bisa bernafas panjang menuju perubahan yang lebih baik.

Nah, yg ini dari Inelle (inelle.blogspot.com):

Nah ini dia manusia yang paling menyenangkan bagi semua orang.
Orang plegmatis ini nyaris tidak pernah marah.
Senyumnya tulus.
Hanya saja seperti orang yang tidak punya ambisi.
Orangnya damai, dan tidak suka bertengkar.
Dia juga pemalu dan cenderung tidak ingin menonjol di keramaian.
Seorang plegmatis akan menerima pendapat orang lain apapun itu, meski belum tentu dia mengerjakannya.
Kalau melakukan pekerjaan maka orang plegmatis akan melakukannya dengan cara yang paling mudah (easy way).
Kadang-kadang dengan menempuh jalan pintas.

Kalo yg ini opini seseorang yg jatuh cinta sama seorang plegmatis (meijikuhibiniu.wordpress.com)
Kalo orang jatuh cinta, bisa bikin tulisan panjaaaaaaaaaaaaaaaaaaang kayak gini :D :

Nah.. menurut Teori OTAZ ttg PLEGMATIZ [bcoz of dia mengaku Plegmatiz] maka menurut dia.. kita ga akan tau seperti apa orang-orang plegmatiz dan apa yg sedang mereka rasakan dan pikirkan..
dalam hubungan cewe-cowo, orang plegmatiz biasanya suka datang dan pergi oh begitu sajaaaaa.. [lhoh kok kayak lagunya Letto??!!].. jadi, kadang kita [orang non-plegmatiz] dibikin terpesona sama si plegmatiz sehingga mungkin kita ngerasa enjoy banget didekat dia, tp tiba-tiba.. JRENG-JRENG.. si plegmatiz pun tiba-tiba pergi begitu saja Disaat kita sebel dengan kepergian dia, tiba-tiba dia pun kembali datang ketika kita kembali bahagia dengan kedatangan dia kembali, maka tak lama kemudian pun dia akan kembali pergi Jadi, intinya bermain bersama plegmatiz seperti main tenis pake tembok [tanpa lawan], jadi kita sebagai non-plegmatiz harus lah mjadi tembok bagi si plegmatiz yg siap menjadi papan pantul dia saat dia kembali datang.. dan dia akan mhampiri kita sejenak sebelum akhirnya dia pergi kembali [terpantul kembali].. Kadang kita non-plegmatiz akan dibuat bingung dengan maksud si plegmatiz dan di saat kita lelah memahami dan menunggu si legmatiz, kita mungkin saja pergi meninggalkan dia selamanya dikarenakan kelelahan kita ga akan bisa menarik dia, dan dia pun ga mau dikejar-kejar dan ditarik-tarik
NAH, BAGI SI PLEGMATIZ. PLIZ DONK JANGAN SUKA DATANG-PERGI SESUKA HATIMU SAJAAAAAA!!! PIKIRIN LAH SEDIKIT PERASAAN ORANG LAIN YANG MUNGKIN SEDANG KEBINGUNGAN MHADAPI MU hahahaa
dan menurut Teori Otaz pula, sekali si plegmatiz menemukan orang yg tepat, dia akan menguji orang itu apakah dia sanggup mjadi tembok bagi dirinya.. saat dia sedang pergi sejenak, apakah si tembok akan tetap lurus dan bersedia menerima dia untuk menghampiri dan memantul kembali? ataukah si tembok justru akan bolong-bolong sehingga bidang pantul akan tidak sempurna dan si bola malah akan memantul tak terkendali dan tak akan bertemu si tembok kemabali? semua ini tergantung sikap si tembok dan orang plegmatiz benar-benar mbutuhkan orang yg bisa menjadi temboknya.. hahaha ota-ota teori elo matap bgt ta..! thanx ya tutorial yg elo berikan di kelas PPEP tadi.. hehehe..

ini adalah kutipan dari kata-kata Otaz yg dia catat di kertas buat gw saat gw dan Otaz chating-chatingan di kertas waktu kelas IPBA..
Mei, itu adalah sisi positifnya dia. Tapi elo harus bisa nerima sisi negatifnya juga yaitu saat dia lagi pergi jauh. Kesannya emang cuek banget. Tp nggak kok.. kami tetap memperhatikan kalian dari jauh. Asal elo bisa nerima negatifnya, orang-orang Plegmatiz kayak gw ga akan ngecewain orang lain kok. Kita akan setia dan terus mencintai biarpun orang ga tau cinya kita kayak apa karena kita ga pernah nunjukkin rasa sayang kita. Orang-orang yang ga tau hanya bisa ngeliat sisi jeleknya aja, yaitu cueknya kita. Sekali orang-orang kayak gw mencintai seseorang, dia ga akan pernah berpaling sekali pun orang itu pernah ninggalin dia.

Wah ta! sumpah ta! Kata-kata elo keren banget! akan kuingat selalu didalam hidupku ta!! makanya begitu pulang langsung gw ketik deh ta kata-kata elo, padahal besok kan kuis Fismat 2A, tp gw ga tahan buat gw taro di blog bcoz of gw udah jadi korban buat 2 orang Plegmatiz hiks.. mengapa oh mengapa diriku sesial ini.. melankolis with plegmatiz.. apakah mungkin?! menurut otaz sih sulit, tapi kenapa tidak?! toh jodoh tak akan lari kemana hiks, i hope so!

Yak! aku akan mjadi tembok, bagi mereka yang membutuhkan tembok!! haha

berikut juga adalah kutipan dari kata otaz..

pokoknya gw pertama2 mw menegaskan dan menjernihkan lagi mengenai PLEGMATIZ!! hoii!!! tolong dong jgn salah paham sm org plegmatiz!!! coz qta bkn orang yang merugikan atau menyusahkan, atau orang yang egois, tolong pahamilah orang2 plegmatiz, karena dengan bgitu lo akan dikenang seumur hidup oleh kami!!!

dan juga jangan diambil pusing karena ada saatnya kami care dan ada saat nya kami apatis, tapi kami tak pernah berniat untuk menyakiti hati kalian wahai org2 non plegmatiz!!!

trus masalah nanggepin crita org, bknnya qta g mw nanggepin..sbenernya qta merhatiin kok, tp kalian critanya terlalu jelas jadi bingung mo nanggepin apa, krn kbanyakan qta tak pandai bcerita. Ato klo qta lg ada nasalah dan g crita sm kalian, itu krn mnurut qta g smw harus dceritain ada kalanya lebih enak dipendam sendiri, gt lo

Alamaaaaaaaaaaaaaaaaak.. panjang kaliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii..
Capek ya bacanya? ya udah la, kasian.. :D

Oia, mungkin akan ada segelintir orang yg akan bertanya kepada diriku:
“E cengkunek, kenapa qe kok nulis tentang plegmatis? qe plegmatis ya?”
Maka diriku yg keren () ini akan menjawab:
“Mau tauuuuuuuuuuu aja.. :P”


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post