Cara Asik Memahami Kepribadian Menurut Enneagram

27 Jun 2009

Pernah iseng ikut kuis enneagram di fesbuk, jadi tertarik pingin tau lebih jelas. Trus, kucoba cari2 cara mudah & asik biar cepat ngerti eneagram ini.
Nah, ketemu di buku kategori psikologi anak. Judulnya kalo gak salah Enneagram of Parenting, karya Elizabeth Wagele.
Kukutip aja sebagian ya..

Enneagram membagi kepribadian menjadi 9 kecenderungan, & tiap2 karakter tu diberi nomor yg tetap, jadi jangan ditukar2 ya.. awas kalo berani nukar.. (emangnya kenapa kalo berani?).. ha? kalo berani.. mmm.. ya awas..
Ini dia.. jeng jeng jeng..
1. Perfeksionis
2. Penolong
3. Pengejar prestasi
4. Romantis
5. Pengamat
6. Pencemas
7. Petualang
8. Pejuang
9. Pendamai

Sekarang kita simak beberapa cara asik untuk memahaminya..

———
Ini adalah joke tentang pikiran sang embrio/janin dalam rahim ibu seandainya mereka dianggap udah punya tipe kepribadian tertentu:

  1. Perfeksionis: Aku akan tidur sepanjang malam agar orangtuaku senang
  2. Penolong: Aku sayang kali sama ayah & ibuku, aku gak sabar pingin ketemu mereka
  3. Pengejar prestasi: Siap2lah dunia, aku akan datang!
  4. Romantis: Belum apa2 aku udah rindu tempat ini
  5. Pengamat: Apa yg kulakukan di sini? Kekmana ya cara kaburnya?
  6. Pencemas: Kekmana kalo mereka gak suka bayi? Kekmana kalo kasurku terlalu keras? Kekmana kalo makanannya gak enak?
  7. Petualang: Biarin aku keluar dari sini, banyak kali tempat & orang yg mau kukunjungi!
  8. Pejuang: Benci kali aku dikurung kekgini
  9. Pendamai: Boleh gak aku tetap di sini? di sini begitu nyaman & hangat..

———
Kalo yg ini kira2 pendapat/tanggapan tiap2 karakter tentang masalah lingkungan:

  1. Perfeksionis: Kita harus selamatkan bumi!
  2. Penolong: Cintailah bumi maka kita akan senang
  3. Pengejar prestasi: Teruslah berusaha selamatkan sumber daya alam
  4. Romantis: Jika bumi bersedih.. aku juga..
  5. Pengamat: Yg logis la, bijaksanalah dengan bumi kita
  6. Pencemas: Bumi ini dikutuk..
  7. Petualang: Selamatkan bumi ini demi aku!
  8. Pejuang: Kuancurin nanti tulangmu kalo kau berani rusak bumi ini
  9. Pendamai: Kok ribut2? kan buminya baek2 aja..

———
Kalo yg ini gambaran secara umum untuk tiap2 tipe karakter:

  1. Perfeksionis: ingin melakukan segalanya dengan benar & sering mengkritik diri sendiri
  2. Penolong: ingin membantu & disukai, sering menutupi perasaan & kebutuhannya sendiri
  3. Pengejar prestasi: terdorong untuk tampil baik & senang mendapat persetujuan
  4. Romantis: sensitif, dramatis, butuh merasa istimewa
  5. Pengamat: penuh rasa ingin tau, ingin memahami segalanya, biasanya pemalu
  6. Pencemas: selalu waspada, mencari keamanan, takut & menentang sesuatu yg gak dia tau
  7. Petualang: mengejar hal2 baru & menyenangkan, sering menunjukkan perhatian yg hanya sepintas-lalu
  8. Pejuang: kuat, enerjik, agresif
  9. Pendamai: ingin tiap orang merasa senang, menghindari konflik

———
Seperti topik2 kepribadian (bukan topik hidayat) yg pernah kita bahas, untuk pembagian karakter berdasarkan enneagram ini juga gak bersifat mutlak. Tiap orang bisa memiliki lebih dari 1 tipe personality.
Kalo aku malah semuanya ada.. hebat ya..? (hebat pala lu peyang?)

Walau hasil kuis di fesbuk bilang aku ini pendamai, tapi nyatanya aku juga..
- perfeksionis –> kalo makan harus abis, gak mau ada butir nasi tersisa di piring
- penolong –> mau nolong ngabisin jajanan kawan yg belinya kelebihan
- pengejar prestasi –> suka menyemangati kawan2 yg kelebihan duit untuk sering mentraktir
- romantis –> bisa bikin cewe tersenyum merona kalo mereka udah nyediain kue pas aku lagi perbaiki komputernya
- pengamat –> suka liatin apa aja yg lagi dimakan sama orang2 sekitar
- pencemas –> khawatir kalo ada kucing ngincar ayam goreng yg mau kumakan
- petualang –> suka mencoba jenis2 makanan baru
- pejuang –> semangat berusaha menerobos kerumunan pas mau pesan makan

Nah, bagaimana dengan Anda?


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post