Dari Sabang sampe Merauke, dari Timor sampe Talaud

29 Aug 2009

Pernah dengar lagu ini..?

Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau
sambung menyambung menjadi satu itulah Indonesia
Indonesia tanah airku, aku berjanji padamu
menjunjung tanah airku, tanah airku Indonesia

Kalo gak pernah dengar, pindah aja ke Malaysia sana, mungkin bntar lagi diklaim sebagai lagu bangsanya.

Kalo lagu ini pernah dengar gak..?

Dari Sabang sampai Merauke, dari Timor sampai ke Talaud
Indonesia tanah airku, indo*** seleraku (versi barunya: Indonesia tanah airku, SBY presidenku)

Kalo gak pernah dengar.. kajak keudeh.. emang gue pikirin?

Dari lagu2 tu, mungkin banyak yg mikir gini:
- kota paling barat Indonesia adalah Sabang
- kota paling timur Indonesia adalah Merauke
- pulau paling selatan Indonesia adalah Timor
- pulau paling utara Indonesia adalah Talaud

Mari kita cek kecocokannya dengan data geografi.. jeng jeng jeng..

Ternyata, Sabang memang kota paling barat Indonesia, berdua sama Banda Aceh juga. Tapi, secara geografis, daerah paling barat Indonesia adalah Pulau Breueh, Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar.

Trus, ternyata.. Merauke bukanlah kota paling timur Indonesia. Kota paling timur Indonesia adalah Jayapura. Tapi secara geografis lagi, daerah paling timur Indonesia ya semua lokasi yg berbatasan dengan Papua Nugini di sepanjang garis perbatasan yg lurusnya.

Nah, apakah Timor memang pulau paling selatan Indonesia? Ternyata bukan. Pulau paling selatan Indonesia adalah Pulau Dana, sebelah selatan Pulau Rote, sebelah barat daya Pulau Timor. Pulau Dana gak berpenghuni. Kalo pulau yg berpenghuni paling selatan Indonesia ya Pulau Rote.

Trus, kalo Talaud apa memang pulau paling utara Indonesia? Ternyata bukan juga sodara-sodara… Pulau paling utara Indonesia adalah Pulau Weh alias kota Sabang! Hohoho.. gak nyangka ya?
N ternyata lagi, Talaud tu bukan nama pulau, tapi nama kepulauan.

Ye, jadi.. yg bikin lagu2 tu.. salah?
Gak salah kok, kecuali bagian “timor”nya
Kalo kita liat Indonesia secara menyeluruh, bentuknya kan kayak trapesium dengan sisi “atas” utara memanjang ke barat, sisi “alas” selatan pendek, sisi “kaki” barat miring & sisi “kaki” timur tegak.
Kalo kita bikin garis diagonal dari ujung barat laut ke ujung tenggara, yg kena ya Sabang & Merauke.
Kalo bikin garis tegak (agak singet sikit gapapa la) di bagian tengahnya, paling atas ya kena Kepulauan Talaud, paling bawahnya baru kena Pulau Dana. Atau karna di Dana gak ada yg makan mie & gak ada yg bisa nyontreng, di lirik lagunya boleh ganti Timor dengan Rote.

Udah, abis bahasan kali ini. Yg ragu boleh tanya ke guru geografi. Kalo guru tu bilang penjelasanku salah, berarti dia bego, suruh aja jadi guru PKN. Huwahahahahaha..


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post