• 4

    Feb

    maaf, sorry, gomennasai, afwan, meu'ah

    maaf, sorry, gomennasai, afwan, meu’ah ku baru aja terpikir sesuatu tentang “maaf” & kepribadian seperti biasa, ini cuma analisa pribadi believe or not, terserah bagaimana tanggapan anda ketika ada orang berbuat kesalahan kecil? si sanguinis mungkin akan nasehati orang tu sambil bercanda si koleris mungkin akan nasehati orang tu sambil marah si melankolis mungkin akan menjauh sambil sedih si plegmatis mungkin akan cuek aja bagaimana kalo orang tu kesalahannya besar? si sanguinis mungkin akan ngejek sambil bercanda, sampe bisa ketawa keras2 si koleris mungkin akan marah besar, mungkin sampe berkelahi atau musuhan si melankolis mungkin akan nangis, sampe gak mau ketemu lagi si plegmatis mungkin akan nyindir sambil tetap tenang, sampe orang tu terdiam kalo orang tu
  • 27

    Jun

    Cara Asik Memahami Kepribadian Menurut Enneagram

    Pernah iseng ikut kuis enneagram di fesbuk, jadi tertarik pingin tau lebih jelas. Trus, kucoba cari2 cara mudah & asik biar cepat ngerti eneagram ini. Nah, ketemu di buku kategori psikologi anak. Judulnya kalo gak salah Enneagram of Parenting, karya Elizabeth Wagele. Kukutip aja sebagian ya.. Enneagram membagi kepribadian menjadi 9 kecenderungan, & tiap2 karakter tu diberi nomor yg tetap, jadi jangan ditukar2 ya.. awas kalo berani nukar.. (emangnya kenapa kalo berani?).. ha? kalo berani.. mmm.. ya awas.. Ini dia.. jeng jeng jeng.. 1. Perfeksionis 2. Penolong 3. Pengejar prestasi 4. Romantis 5. Pengamat 6. Pencemas 7. Petualang 8. Pejuang 9. Pendamai Sekarang kita simak beberapa cara asik untuk memahaminya.. ——— Ini adalah joke tentang pikiran sang embrio/janin
  • 15

    Jun

    Lupa & Ceroboh

    Ada beberapa kejadian unik selama ku jadi operator warnet, sejak pertengahan April kemaren, tiap hari dari jam 8 pagi sampe jam 5 sore. Tapi kebanyakan aku lupa.. maklum, pelupa.. Tapi ada sebagian yg kuingat, soalnya berkaitan dengan orang2 yg lebih pelupa daripada aku. Berapa orang ya..? wah, lupa.. yg kuingat cuma 2 orang :-/ Orang pertama adalah seorang ibu yg jualan nasi & lauk pauk di sebelah warnet. Entah berapa kali kejadian kayak gini (berapa ya..? wah, lupa..): Aku pesan makan 1 piring, minta diantarin ke warnet. Pas udah entah berapa menit (berapa ya..? wah, lupa..), pernah sampe 1 jam lebih, gak datang2 tu nasi. Kudatangin la, trus begitu dia liat aku, ditepuknya kepalanya sambil bilang “ondeeh.. lupooo…” (artinya: waah.. lupaaa…) Gak cuma 10 atau
  • 12

    Mar

    Tes kepribadian

    Ada beberapa kawan yg pingin tes kepribadian, pingin tau apakah mereka tergolong sanguinis, koleris, melankolis, atau plegmatis. Rupanya masih bingung tentang 4 karakter tu. Biar bingungnya berkurang, kita liat gambar ini dulu yuk.. jreng.. Berdasarkan gambar 4 orang menanggapi gelas setengah penuh/kosong tu, kita bisa simpulkan kira2 kekgini: Kiri atas adalah sanguinis (sanguine). Kanan atas adalah melankolis (melancholic). Kanan bawah adalah koleris (choleric). Kiri bawah adalah plegmatis (phlegmatic). Orang2 yg cenderung sanguinis akan anggap gelas tu setengah penuh. Orang2 yg cenderung melankolis akan anggap gelas tu setengah kosong. Orang2 yg cenderung koleris akan protes kenapa dikasih yg kayak gitu. Orang2 yg cenderung plegmatis akan bingung apa status gelas tu. Intinya m
  • 5

    Mar

    PKS (personality kesukaan saya)

    Hayo, mikir apa? mentang2 mau pemilu? Ini nih, aku mau bagi cerita2.. bagi2 cerita2.. bagi2 cerita.. ah, pokoknya gitu la.. Cerita apa? ya cerita tentang personality kesukaan saya la, kan itu judulnya, ngapain nanya lagi? … eh, gak nanya ya? he.. he.. malu.. Masih ingat kan kisah sejati tentang kepribadian anak manusia.. (halah, entah apa-apa..) Kalo lupa, baca aja lagi. Yg mana? itu tu, yg tentang sanguinis-koleris-melankolis-plegmatis, tau kan? Di mana? qe cari la sendiri.. pokoknya masih di blog yg ini. Udah, jangan tanya2 lagi.. eh, dari tadi gak ada nanya ya..? he.. Oke, inilah dia beberapa kutipan asik tentang karakter favoritku.. Oia, “jreng”-nya hampir lupa.. jreng.. Yuk, kita liat kebaikan2 si Plegmatis yg bikin orang lain jatuh hati * Mudah bergaul, santai, t
  • 19

    Feb

    Sakit jiwa & penyakit kejiwaan

    (diimpor dari blog-ku yg kedua dengan editing secukupnya) Apa beda sakit jiwa & penyakit kejiwaan? Aku gak tau, cuma lagi pingin tulis judul kayak gitu aja :D Pokoknya mau bahas yg gitu2 la. Pernah liat orang gila? Pernah liat orang sakit jiwa? Jumlah orang gila cuma sebagian kecil dari semua manusia. Tapi, sebagian besar manusia sakit jiwa. Sakit jiwa ada yg ringan ada yg berat. Kalo ringan, biasanya gak disadari & gak bahaya. Malah biasanya dianggap sebagai naluri alami, bukan sakit jiwa. Malah hampir pasti marah kalo dianggap sakit jiwa. Tapi kalo berat, bisa jadi gila. Sakit jiwa ringan paling banyak diidap laki2 adalah “candu rokok”. Mereka gelisah kalo gak merokok. Kalo perempuan, mungkin “candu gosip” ya? Gak percaya? coba berenti gosip 1 hari aja
  • 17

    Feb

    Kepribadian & hari Senin

    Masih ingat 4 kecenderungan kepribadian yg pernah kita bahas? Biar lebih ingat, silakan liat gambar ini.. jreng.. Ini adalah smiley sederhana yg menggambarkan kekmana kira2 wajah tiap kepribadian paling sering keliatan :D kanan atas: koleris kanan bawah: melankolis kiri bawah: sangunis kiri atas: plegmatis Sekarang mari kita tebak kekmana masing2 karakter menghadapi datangnya hari Senin yg penuh kesibukan setelah beristirahat secukupnya pada hari Minggu. Koleris Sibuk membuat rencana sambil nulis2 di kertas, nyiapin perlengkapan keperluan besok, sambil nasihati kawannya untuk siap2 juga. Kalo lagi sendiri, paling2 yg terdengar cuma suara kertas & barang2 lain yg disusunnya. Sebelum persiapan & rencananya matang, dia takkan bisa tidur dengan tenang, kecuali kalo kecapean. Mela
  • 7

    Feb

    Kepribadian, profesi, & macet

    Bingung ya liat judulnya? Bagus lah.. :D Kemaren2 kan kita udah bahas 4 temperamen pada manusia, sekarang kita bahas kira2 orang dengan karakter dominan tertentu cocoknya jadi apa. Trus, kok ada macet di judulnya? Nah, nanti kita juga bahas kira2 tiap karakter menghadapi macet dengan cara apa. Sebenarnya ini udah pernah ditulis di blog-ku yg kedua, tapi 2 tulisan digabung & diedit besar2an, biar lebih asik dibaca. Kita mulai dengan profesi ya.. eng ing eng.. Sanguinis Orang yg cenderung sanguinis, kalo jiwanya baik, mungkin cocok jadi: pelawak, aktor, mc, presenter, motivator, cheerleader, pedagang, moderator, jurnalis, dll. Kalo jiwanya jahat, mungkin bisa jadi: penipu, provokator, oportunis, dll. Koleris Orang yg cenderung koleris, kalo jiwanya baik, mungkin cocok jadi: manaje
  • 3

    Feb

    Kepribadian nan empat

    Menurut Florence Littauer dalam buku Personality Plus, ada 4 watak/temperamen/kepribadian dasar manusia: Sanguinis, Koleris, Melankolis, & Plegmatis Semua watak itu ada pada tiap orang, cuma persentasenya beda2. Ada juga orang yg cuma punya 1 watak dominan, ada juga yg semuanya hampir seimbang. Mana watak paling bagus? Bagus semua kok, tergantung individunya, malah bisa juga jelek semua, tergantung individu juga. Secara umum, menurutku, kira2 gambaran singkatnya gini: - sanguinis: suka bicara, melucu, menghibur, cita2nya ingin populer. - koleris: suka menasihati & mengatur, cita2nya ingin kuat, ingin jadi pemimpin. - melankolis: suka berpikir & menganalisa, cita2nya ingin sempurna. - plegmatis: suka tenang, ramah, santai, cita2nya ingin damai. Masih terlalu ngambang ya? Ya u
-

Author

Follow Me

Search

Recent Post